Pengumuman Hasil Sayembara Desain Lanskap RTH Bantaran Sungai Kota Untuk Habitat Burung Berkicau

Pengumuman Hasil Sayembara Desain Lanskap RTH Bantaran Sungai Kota Untuk Habitat Burung Berkicau

v01

Pada tanggal 10 Juni 2017 telah dilakukan penjurian Sayembara IALI 2017 dengan tema RTH Bantaran Sungai Kota Untuk Habitat Burung Berkicau. Kelima dewan juri dengan keahliannya masing-masing menilai 15 karya yang masuk dalam jejeran semifinal dari 24 kelompok peserta. Kelima juri tersebut antara lain Rahman Andra Wijaya, ST, MT, IALI (arsitektur lanskap), Prof. Dr. Ani Mardiastuti, M.Sc (ornithologis), Ir. Qodarian Pramukanto, DipEnvM., MSi. (daerah aliran sungai), Dr. Ir. Janthy T. Hidayat, M.Si. (perencanaan wilayah dan kota), dan Dr. Ir. Siti Nurisjah, MSLA, IALI (ruang terbuka hijau).

v02

Penjurian dengan sistem blind review ini kemudian menyaring 15 semifinalis menjadi 5 finalis. Namun karena kreativitas dan daya analisis masing-masing peserta memiliki keunggulan yang sama-sama kuat maka jumlah finalis dinaikkan jumlahnya menjadi 10 kelompok, lalu disaring lagi menjadi 8 kelompok. Selanjutnya juri melakukan brainstorming untuk menyeleksi menjadi 5 finalis yang terbaik dari yang terbaik. Kelima finalis tersebut kemudian kembali diadu untuk memperebutkan juara 1, 2, dan 3. Kelima juri sepakat bahwa kelima finalis yang terpilih memiliki kekuatan yang hampir sama. Dengan perdebatan yang cukup seru, akhirnya dewan juri berhasil menentukan para pemenang dan menyepakati bahwa kelima kelompok seleksi tahap akhir tersebut adalah pemenang dengan urutan sebagai berikut:

Juara 1      KI-14-S17

Juara 2      KI-05-S17

Juara 3      KI-16-S17

Juara 4      KI-06-S17

Juara 5      KI-03-S17

 v03

Juara 1 merupakan kelompok yang beranggotakan Annisa Rachma Amaranti Sih Utami, Assa Kartika Prihabsari, Dewi Galuh Suciani, dan Wisnu Bekti Istianto dari Institut Pertanian Bogor. Juara 2 dengan anggota atas nama Hendri Septian, Ida Bagus Manu Buruananta, Tsara Nuha Apsari, Annisa Farah Frah Agustin, dan Bagus Muttaqin dari Institut Pertanian Bogor. Selanjutnya juara 3 atas nama Ina Winiastuti Hutriani dari Institut Teknologi Bandung. Juara 4 atas nama Desy Fatmala Makhmud, Adityas Prasetyo, Syifa Khansha, Dethree Pridaningsih, dan Suzzana Kusuma Putri dari Institut Sains dan Teknologi Nasional. Serta juara 5 atas nama Fariza Fadillah Allama, Monika Agustia, Hersanti Eko R, dan Jayanti Kusuma W dari Institut Teknologi Bandung. Selamat kepada para pemenang dan kepada seluruh peserta kami ucapkan terima kasih atas partisipasinya. Sampai jumpa di Sayembara IALI selanjutnya.