Tentang Pemangkasan Pohon Damar

Shares and Likes

Tentang Pemangkasan Pohon Damar

Sehubungan dengan pertanyaan yang masuk terkait kegiatan pemangkasan bagian atas pohon damar, berikut sedikit pembahasan tentang permasalahan tersebut di atas.

Agathis dammara (damar, kauri) termasuk dalam famili Araucariacea yang dikenal juga sebagai tanaman conifers. Conifers adalah tanaman berbiji terbuka yang tidak berbunga tetapi menghasilkan cone sebagai pengganti buah. Contoh conifer yang lain adalah pinus dan cemara.

cone-1 damar

PEMANGKASAN DAMAR

Damar adalah tanaman conifer yang tidak menggugurkan daun (evergreen). Pohon evergreen tidak boleh di-topping (dipangkas bagian atas dengan membuang ujung batang utama) karena selain akan merusak bentuknya, juga berbahaya bagi pohon itu dan sekitarnya. Pemotongan ujung batang utama membuat pohon mudah mengalami pembusukan di bagian dalam batang, diserang penyakit, atau serangga

Jika sudah terlanjur dilakukan : TUTUP LUKA BEKAS PEMOTONGAN DENGAN CAT

Satu-satunya cara mengurangi ukuran pohon (atau beban pohon) adalah dengan memangkas cabang samping, tetapi itupun dibatasi oleh dead zone, yaitu daerah yang tidak akan menghasilkan tunas apapun.

Jika pemangkasan sampai mengekspos dead zone, maka tidak akan tumbuh tunas baru sehingga pohon akan mengalami deformasi dan tidak bagus dipandang.

deformasi

Pemangkasan pohon evergreen dengan cara topping sangat tidak direkomendasikan. Jika ukuran pohon sudah terlalu besar dan membahayakan, sebaiknya diganti dengan pohon jenis lain yang ukurannya lebih kecil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *