IALI SURABAYA Bright Night

iali surabaya brightnight

[klik gambar untuk memperbesar]

IALI Surabaya bekerja sama dengan Anddys and Partner Landscape Architect (ANP) kembali membuat acara diskusi lintas komunitas untuk mensinergikan peranan dan tanggungjawab arsitek lansekap dalam pembangunan kota dan lingkungan yang lebih baik.  Diiringi gerimis hujan, kegiatan dimulai tepat 7.16 pm dengan acara  Smile Sharing dari principal ANP yang juga Ketua IALI Surabaya Ibu Anddys Firstanty, IALI untuk menyambut para undangan.  Acara yang didesain santai dan mengalir membuat audiens lebih bebas menyampaikan pendapat dan opininya.

Dimulai dengan Arsitek Lanskap senior Bapak Sugeng Gunadi, MLA yang menyampaikan rasa syukur yang tak terhingga melihat keberhasilan anak-anak didik beliau yang telah sukses setelah melanjutkan pendidikan S2 dan bekerja di luar negeri maupun kota-kota lain lalu kembali lagi ke Surabaya dan berkontribusi dalam pengembangan arsitektur lanskap di Indonesia khususnya Surabaya dan Jawa Timur.   Upaya pengenalan profesi Arsitek Lanskap dan IALI ke masyarakat luas perlu lebih banyak lagi dilakukan termasuk dengan membuat event-event seperti malam IALI Brightnight ini.  Aktifitas arsitek lanksap saat ini perlu banyak melakukan kegiatan profesional termasuk sayembara, karena dalam waktu dekat (sekitar bulan Maret-April 2014) juga akan ada sayembara lanskap pulau di sekitar Pulau Madura.

Keanggotaan kehormatan IALI juga bisa disampaikan ke orang-orang yang berperan di daerah termasuk Bupati dan Walikota di seluruh Jawa Timur ujar Bapak Poerwadi. Termasuk sekarang ada bencana Gunung Kelud, harusnya IALI bisa mengambil peran dengan mengusulkan sebagian area di sekitar Gunung Kelud untuk dijadikan museum yang bisa dijadikan sumber edukasi masyarakat akan kebencanaan.  Proyek Lansekap yang digagas pemerintah pusat maupun daerah saat ini juga mengalami peningkatan luar biasa, mau tidak mau IALI dan para Arsitek Lanskap juga harus lebih banyak memperkenalkan diri dan berinteraksi dengan profesi lain serta menyiapkan secara administrasi dengan sertifikasi tambah Bapak Tigor Pandjaitan yang juga Ketua Jurusan Arsitektur Untag Surabaya yang pernah mengenyam pendidikan Arsitektur Lanskap di ITB.

IALI Sby Bright Night

Pendapat banyak disampaikan juga oleh generasi muda diantaranya bahwa pelaku lapangan proyek lansekap masih didominasi orang-orang yang tidak ada dasar pengetahuan lansekap.  Ini merupakan tantangan serta juga peluang karena kesadaran masyarakat akan Ruang Hijau terus meningkat ujar Fafan seorang arsitek muda lulusan ITS.  Pada proyek-proyek yang saya ikuti, lansekap masih sering dianggap sebagai pelengkap sehingga peranannya masih belum terlihat secara nyata oleh masyarakat tambah Ade.  Karena fungsi sebagai pelengkap ini, di proyek perumahan, owner project selalu berusaha mengurangi proporsi lanskap dibanding proporsi bangunannya.  Hal ini bisa jadi karena pemahaman ruang lanskap bagi banyak orang masih dianggap mempunyai nilai ekonomi yang kurang dibanding bentukan lainnya.

Setelah penyampaian opini, kegiatan Bright Night juga diisi dengan smart sharing dari Bapak Medha Baskara, IALI tentang sharing gaya hidup berkelanjutan.  Sharing yang berisi sebagian project lansekap dengan teknologi dan sistem berbeda-beda untuk menampilkan kualitas lansekap yang lebih baik.  Beberapa teknologi diantaranya berbasis eco-house untuk proyek Rumah Organik, Rumah Water Waste Garden serta rumah The Healing Garden.  Tidak lupa teknologi berbagai macam vertical garden terutama yang menggunakan material yang murah dan mudah namun mempunyai hasil yang tidak kalah dengan yang menggunakan material import.  Ditutup dengan contoh bentukan lanskap yang dikembangkan di area bekas tambang di Pulau Sumatra.  Tambahan Bapak Gunadi akan sharing yang disampaikan terutama eco-house sebenarnya sudah ada di buku yang beliau terjemahkan dari buku terkenal “Design with Nature”.  Untuk melaksanakan project demikian membutuhkan kesabaran dan ketelitian serta harus memikirkan semua aspek yang ada di tapak terutama sistem ekologinya.

Setelah smart sharing, dilakukan peluncuran pertama Buletin IALI Surabaya dengan mengupload secara bersama-sama di halaman Facebook anggota IALI Surabaya. Peluncuran ini menandai dibukanya kesempatan kerjasama IALI Surabaya dengan banyak pihak khususnya Stake Holder Lansekap di Surabaya dan Jawa Timur.

buletin IALI Surabaya

Buletin 01 IALI Surabaya

Setelah dilakukan peluncuran Buletin selanjutnya dilakukan penghargaan (award) bagi anggota ANP yang telah berperan dan berkontribusi banyak bagi perkembangan dan kemajuan ANP saat ini.  Reward tentunya menjadi bagian tidak terpisah dari manajemen perusahaan yang profesional.

Tidak terasa waktu sudah menunjukkan 21.30 WIB.   Banyak manfaat yang didapatkan audiensi selama acara IALI Surabaya Brightnight.  Hal ini juga akan mendorong kegiatan IALI lainnya termasuk cabang IALI Malang Raya.  Semangaaaat !!!

(ialijatim.org-MDB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>